+6287704551258
halo@bilikcerdas.com

SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Apa Bedanya?

Created by Bilik Cerdas Indonesia In Articles 12 Aug 2022

Hallo sahabat cerdas, buat kamu yang saat ini sedang duduk di kelas 12 atau kelas 3 SMA pasti sudah mulai dilemma mau masuk universitas mana dan jurusan apa bukan? Eitss, sebelum galau tentang jurusan dan universitas, apakah kamu sudah tahu jalur apa saja yang bisa kamu lalui untuk menuju ke universitas impianmu? Nah, kali ini Bilik Cerdas Les Private Jogja terbaik ingin berbagi informasi mengenai perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Tiga jalur masuk PTN tersebut adalah jalur yang umum ya jadi hampir semua universitas Negeri memiliki 3 jalur masuk tersebut. Lalu, bagaimana perbedaannya? Yuk, simak ulasan berikut!

  1. SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguran Tinggi Negeri

Jalur pertama seleksi masuk PTN yang bisa anda ikuti adalah jalur SNMPTN. Jalur ini seringkali dinamakan sebagai jalur undangan. Hal ini dikarenakan dalam proses seleksi peserta tiddak perlu melakukan tes tulis. Peserta hanya bisa mengandalkan nilai akademika atau rapor mulai dari semester 1 hingga semester 5. Biasanya ini juga bisa di support dengan prestasi baik akademik maupun non-akademik. Pendaftaran SNMPTN biasanya dilakukan oleh pihak sekolah yang biasanya dipegang oleh guru BK. Pengisian PDSS dan berkas-berkas seringkali dilakukan langsung oleh pihak sekolah.

Meski proses seleksi tanpa tes ini bisa dikatakan cukup mudah, namun sayangnya tidak semua anak didik bisa mengikuti tes ini. Hal ini dikarenakan terdapat kuota jumlah siswa yang bisa mendaftar di masing-masing sekolah. Jumlah kuota siswa yang bisa mendaftar di masing-masing sekolah bisa mengalami perbedaan. Hal ini dikarenakan jumlah kuota berdasarkan akreditasi sekolah masing-masing. 

Baca juga:

Adapun jurusan yang bisa dipilih adalah maksimal dua program studi dari satu universitas atau dua universitas. Kuota penerimaan mahasiswa baru dari jalur SNMPTN ini biasanya adalah 20% dari kuota universitas. Sudah siap ikut SNMPTN? Proses seleksi ini gratis loh, jadi manfaatkan sebaik mungkin ya. 

  1. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Untuk jalur kedua yang bisa anda ikuti adalah jalur SBMPTN atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi Negeri. Dalam proses seleksi di jalur ini, kamu ahrus mengikuti tes atau yang kini disebut sebagai UTBK. Semua siswa kelas 12 bisa mendaftarkan dirinya tanpa ada batasan di masing-masing sekolah. Materi yang harus anda pelajari dalam tes ini adalah TPS atau Tes Potensi Skolastik serta TKA atau Tes Kompetensi Akademik. Adapun materi TKA ialah materi yang serumpun dengan yang anda pilih. Terdapat dua rumpun yang bisa anda pilih salah satu yaitu saintek (rumpun sains dan teknologi) serta soshum (rumpun sosial humaniora). Untuk TPS, materi yang harus anda kuasai adalah penalaran umum, pemahaman baca dan menulis, pengetahuian serta pemahaman umum dan pengetahuan kuantitatif. Anda bisa memilih 

  1. Jalur Mandiri Kampus

Jalur selanjutnya yang bisa anda pilih adalah jalur mandiri. Pada jalur mandiri ini hampir sama dengan SBMPTN yaitu terdapat tes tulis dengan materi yang sama. Perbedaannya, disini pengelolanya adalah kampus masing-masing sehingga ketika anda mendaftar anda hanya bisa memilih beberapa jurusan yang ada di universitas tersebut.

itulah beberapa informasi terkait perbedaan SNMPTN, SBMPTN, serta jalur Mandiri yang bisa kami bagikan. Bagi kamu yang membutuhkan les privat SMBMPTN jangan lupa untuk mengunjungi www.bilikcerdas.com

Comments (0)