+6287704551258
halo@bilikcerdas.com

Tulang Hyoid

Created by Bilik Cerdas Indonesia In Articles 12 Aug 2022

Tahukah kalian bentuk dan letak dari tulang hyoid? Sebelum kita belajar lebih jauh mengenai tulang hyoid alangkah baiknya untuk mengenal pengertian tulang terlebih dahulu. Tulang adalah alat gerak pasif manusia. Alat gerak pasif ini tidak dapat bergerak dengan sendiri. Sehingga tulang membutuhkan alat gerak aktif untuk dapat bergerak. Tanpa alat gerak aktif maka tulang tidak akan membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Tulang sendiri mempunyai peranan besar pada sistem gerak. Beberapa fungsi utama dari tulang antara lain: dapat memberikan bentuk pada tubuh dan penompang tubuh; melindungi organ dalam misalnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru serta tulang tengkorak melindungi otak; tempat menempelnya alat gerak aktif berupa otot yang dapat menggerakkan tulang; dan pada jenis tulang tertentu tulang sebagai tempat pembentukan sel darah. Akan tetapi, ternyata tidak semua tulang dalam tubuh bisa terhubung satu sama lain. Salah satu tulang yang tidak menempel pada tulang lain yaitu tulang hyoid.


Memang terdapat berbagai macam jenis tulang, akan tetapi pada kesempatan kali ini kita fokus akan membahas mengenai tulang hyoid. Tulang hyoid selain disebut sebagai salah satu tulang yang tidak menempel dengan tulang lain ternyata juga memiliki bentuk yang unik. Tulang ini berbentuk seperti huruf U yang berada di dasar lidah dan ditopang otot serta ligamen berada di bawah dasar tengkorak dan di atas tulang rahang. Hal ini memungkinkan bahwa tulang hyoid sangat berpengaruh ketika berbicara, bernafas, dan menelan. Memang tulang hyoid sangat jarang ditemukan jika terjadi cidera atau patah tulang. Apabila sampai ditemukan retakan pada tulang hyoid, itu dapat menjadi indikasi bahwa telah terjadi pencekikan atau penggantungan leher.


Tulang hyoid juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot mulut dan otot lidah. Sebagai tempat pelekatan otot mulut dan lidah inilah maka letak dari tulang hyoid berada di sekitar laring dan mandibula. Tulang ini memang juga bisa dikatakan sebagai tulang yang aneh. Keanehan ini dilandasi atas dasar tulang berukuran sedang dan benar-benar simetris yang tidak ditemukan adanya persendian dengan tulang lainnya. Maka tulang ini memiliki bentuk jelas setengah lingkaran dengan cekung tulang ke belakang. Memang tidak banyak diketahui tentang patologi dari tulang hyoid, karena belum ada penelitian khusus yang dilakukan pada anatominya terhadap penyakit yang mengganggu fungsi menelan dan pernafasan. Apabila terjadi kemungkinan patah tulang fraktur tulang hyoid sangat jarang terjadi hampir sekitar 0,002% dari total fraktur terjadi karena non-fusi bagian tulang hyoid yang memberikan kemampuan perlindungan tertentu terhadap trauma. Biasanya perawatan jenis fraktur hyoid ini secara farmakologis diberikan kortikosteroid dan analgesik. Begitu juga penggunaan terapi antibiotik oral atau intravena disesuaikan dengan kondisi pasien.


Bagaimana? Tertarik informasi lebih jauh mengenai karakteristik dari tulang lainnya kah? Nah, bagi kamu yang ingin menggali banyak informasi menarik tentang ilmu-ilmu sains, atau pengetahuan umum lainnya kamu bisa mengikuti Instagram kami di @bilikcerdas atau cek terus website kami di bilikcerdas.com. Untuk kamu siswa, mahasiswa, umum atau jika anda adalah seorang ayah atau ibu dari seorang anak domisili Jogja yang sedang mencari bimbingan les belajar, jangan ragu untuk mengunjungi www.bilikcerdas.com Bilik cerdas merupakan lembaga les privat di Jogja dengan pelayanan terbaik dan harga yang murah. Kami juga memberikan garansi jika pada target yang ditentukan penyampaian materi belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik. Anda juga sangat disarankan untuk menghubungi kami di 087704551258. 

Comments (0)